-->

Ads 720 x 90

Menjelang keluarnya DAJJAL

Post a Comment
-- -

 

Dajjal adalah cobaan terbesar dan terberat bagi tiap-tiap insan. Sebelum kemunculannya nanti di akhir zaman, akan ada pula sejumlah musibah yang menimpa umat manusia sebagai ujian bagi mereka. Apa itu?

Rasulullah SAW dalam sabdanya telah mengingatkan kaum muslim mengenai Dajjal. Bahkan beliau menjelaskan ciri-cirinya, kemampuan yang ia miliki, fitnah yang ia bawa, dan lain sebagainya.

Pada hadits-hadits lain, Nabi SAW turut mengabarkan tanda-tanda yang akan menerjang manusia, tak lama sebelum makhluk pendusta satu ini muncul. 

Mengutip buku Mengungkap Berita Bedar dalam Kitab Suci oleh Abdul Wahab Abdussalam Thawilah & buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir, berikut 

Pertanda yang akan dialami bani Adam menjelang keluarnya Dajjal:

1. Menurunnya Ilmu Agama

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda, "Dajjal akan keluar ketika agama berkurang dan ilmu merosot." (HR Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Abu Ya'la, dan Hakim)

2. Manusia Lupa akan Allah SWT

Riwayat Sha'b bin Jatsamah, ia mendengar Nabi SAW berkata, "Dajjal tida akan keluar hingga manusia lupa mengingat Allah." (HR Ahmad)

3. Dilanda Kelaparan

Hadits dari Abu Umamah, bahwa Rasulullah SAW berujar, "Akan terjadi malapetaka selama tiga tahun sebelum Dajjal keluar, yaitu manusia ditimpa kelaparan. Pada tahun pertama Allah SWT memerintahkan langit untuk menahan sepertiga air hujannya dan menyuruh bumi menahan sepertiga tanamannya.

Pada tahun kedua, Allah menyuruh langit menahan dua pertiga air hujannya dan menyuruh bumi menahan dua pertiga tanamannya. Kemudian pada tahun ketiga Allah menyuruh langit untuk menahan seluruh air hujannya sehingga tidak ada hujan yang turun dan menyuruh bumi menahan semua tanamannya sehingga tidak ada tanaman yang tumbuh.

Dengan demikian, semua tanah atau lahan akan rusak, kecuali yang dikehendaki Allah. Dikatakan bagaimana pada zaman itu manusia hidup? Mereka membaca tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid. Hal itu dilakukan agar mereka diberi makanan." (HR Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Hakim)

4. Musim Paceklik

Asma binti Yazid Al-Ansari meriwayatkan bahwa ia bersama Nabi SAW di rumahnya, lalu beliau bersabda, "Selama tiga tahun sebelum Dajjal keluar, langit menahan sepertiga hujannya dan bumi menahan sepertiga tanamannya. Pada tahun kedua, langit menahan dua pertiga hujannya dan bumi menahan dua pertiga tanamannya, dan pada tahun ketiga langit menahan semua hujannya dan bumi menahan semua tanamannya sehingga tanah yang kering pun menjadi rusak." (HR Ahmad dan Ath-Thabrani)

5. Banyaknya Para Pendusta

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sampai dibangkitkan Dajjal para pendusta yang berjumlah sekitar tiga puluh orang. Semuanya mengaku

6. Pembunuhan Merajalela, Huru-hara, 

Harta Melimpah, dan Banyak Fitnah Bertebaran
Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Nabi SAW berujar, "Kiamat tidak akan terjadi sampai muncul Dajjal sebanyak tiga puluh pendusta yang semuanya mengklaim bahwa dirinya utusan Allah, harta melimpah ruah, fitnah muncul, dan al-haraj serta al-maraj (huru-hara).

Seseorang bertanya, 'Apa al-haraj itu ya Rasulullah?' Beliau menjawab, "Pembunuhan, pembunuhan, pembunuhan." (HR Ahmad)

Wallahu a'lam.
-- -
Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter