-->

Ads 720 x 90

Makanan sumber antioksidan

Post a Comment
-- -

sumber antioksidan

Makanan sumber antioksidan

1. Kurma (dactylifera phoenix)

Buah kurma adalah buah yang selalu hadir disaat momen puasa. Rasanya manis, bentuknya bulat atau lonjong, warnanya kecoklatan, kehitaman, dan dia adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi baik. 

Zat yang terkandung buash kurma
Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), Vit A, B2, B12, dan Vit C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natroum (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C nya berperan sebagai antioksidan.  Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin.

Tanin
Tanin diketahui bersifat anti infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat
antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.


2. Kismis

Kismis adalah buah anggur (hijau atau hitam) yang dikeringkan. Tak mengejutkan jika kismis masuk dalam daftar buah kaya antioksidan. Tentu saja karena bahan dasar kismis adalah anggur yang memang mengandung zat antioksidan yang
tinggi. Kismis dapat ditemui di dalam roti, namun bisa juga ditaburkan pada oatmeal, rasanya lezat dan tidak akan membuat bosan. Catechin, salah satu dari antioksidan pada ksimis yang sangat berguna dalam pencegahan tumor dan kanker kolon serta menjaga kesehatan jantung kita.
Phenolic phytonutefients
Phenolic Phytonutrients dikenal karena memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman, antibiotik dan antioksidan, banyak ditemui di kismis. Saat demam, Phenolic Phytonutrients akan membantu menyembuhkannya dengan melawan infeksi bakteri. Kismis mengandung senyawa antioksidan alami yang berupa Oleanolic acid, Oleanolic aldehyde, Betulin, Betulinic acid dan 5 (hydroxymethyl)-2-furfural yang ternyata ampuh untuk melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi.


3. Blueberry (Vaccinum corymbosum)

Blueberry adalah buah yang berasal dari Amerika Utara. Buah yang tumbuh di musim panas di Amerika Utara ini tumbuh secara liar seperti semak, memiliki khasiat banyak sekali yang terkandung di dalamnya. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang kita jumpai, namun berbagai olahannya bisa ditemukan di berbagai gerai minuman dan es krim. Warnanya hijau, dan akan berubah menjadi ungu jika sudah matang dengan rasa manis asam

Rasa buahnya agak asam dan biasa dijadikan selai dan untuk topping roti dan kue. Bluberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), Vit B1, B2, B3, dan B6, Vit C, Vit E. Vit K, karbohidrat, lemak, dan antosinin.

Antosinin
 Antisinin adalah zat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, inflamasi, serta baik untuk kesehatan kulit serta mencegah penuaan.

Keistimewaan pohon blueberry
Jika Anda tertarik mengonsumsi blueberry ini,,, di Indonesia tersedia blueberry kalengan yang siap dimakan. Selain buahnya, akar dan daun blueberry ternyata juga sama saktinya. Apabila diolah menjadi teh.
akar pohon blueberry dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan dan
memberikan efek relaksasi. Sedangkan daunnya, apabila direbus dan diminum, dapat menjadi tonik penambah darah untuk memurnikan tubuh serta meredakan batuk.


4. Blackberry

Blackberry adalah buah yang beken menjadi brand sebuah ponsel ini juga salah satu buah yang kaya akan aktioksidan. Bentuknya sangan mirip dengan murbey. Namun, yang ini berbeda karena buah dalam tangkai yang saling bergerombol. Zat antiokasidan yang terkandung dalam buah ini adalah antosinin, senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur.


5. Strawberry

Buah strawberry warnanya merah merona, bentuknya khas, aromanya segar. Buah strawberry sangat baik untuk kesehatan.

Zat yang terkandung
Di pasar juga sudah banyak menjual dalam kemasan plastik. Strawberry mengandung Vit K, mangan, asam folat, potasium, riboflavin, Vit B5, B6, magnesium dan omega 3. Dan tak ketinggalan, ia mengandung zat antioksidan yang membuat buah ini berwarna merah mengggemaskan.


6. Raspberry

Respberry sama dengan barries lainnya, ia juga kaya akan antioksidan. Rasa buahnya asam, menandakan kandungan Vit C yang tinggi didalamnya.

Manfaat alami resberry
Buah respberry ini jika dikonsumsi secara rutin sangat banyak manfaatnya. Ia dapat mencegah kerusakan sel otak, melancarkan pencernaan, mencegah kanker usus, meminimalisir alergi tubuh, mencegah penyakit jantung, mencegah penuaan dini, dan masih banyak manfaat baik lainnya. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah respberry mampu menangkal radikal bebas dan melawan penuaan sejak dini,

memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga menjaga kelembapan kulit membuatnya terasa lembut dan kenyal. Selain itu juga, antioksidan bisa mencegah terjadinya perkembangan sel kanker dan tumor. Beberapa penelitian juga menyatakan kalau respberry adalah salah satu buah yang cukup aman dikonsumsi mereka yang menderita penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi raspberry secara teratur, dapat membuat tubuh tidak mudah lelah dan mencegah terjadinya nyeri pada persendian.

Baca juga
Manfaat Air putih alami
Manfaat anti okaidan

7. Plum
Bagus buat diet
Buah Plum ini mungkin tak begitu populer. Buah segarnya banyak tersedia di supermarket. Rasa buahnya asam manis. Buah ini selain mengandung 38% antioksidan yang jauh lebih banyak daripada bluberry, juga sangat kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jika anda ingin berdiet, buah plum ini cocok sebaga bekal pencuci mulut makan siang.

8. Jeruk

Siapa aih yang ngga kenal jeruk yang bentuknya bulat, warnanya kuning ke oranyean, ada juga yang hijau rasanya beraneka ada yang asam juga ada yang manis yang rasa asam manis. Sangat cocok diperas sebagai jus atau dimakan begitu saja. Jeruk,

Kandungan zat alami dalam jeruk
mengandung Vit C yang ternyata sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang, mencegah penyakit batu ginjal, mencegah asma, membantu menurunkan kolesterol, mencegah dan menyembuhkan anemia dan lain sebagainya.

Setiap 100 gram jeruk, mengandung energi 45 kkal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,2 g, fosfor 23 g, kalsium 33 g, besi 0,4 g, Vit A 190 IU, Vit B1 0.08 mg. Vit C 49 mg, serta air 87,2 g.
Berlanjut halaman berikut~>
-- -

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter